Selasa, 12 Januari 2010

Sholat Tahajud

Ada seorang sahabat yang bertanya pd Rasulullah “ Shalat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu Ya Rasul?” Rasulullah menjawab “Sholat tahajud”. “Puasa apa yang paling utama setelah puasa ramadhan?” Rasul menjawab “Puasa pada bulan yang mensucikannya yaitu Muharam”



Qiyamul Lail dapat diisi dengan sholat hajat, sholat tobat, sholat tahajud, dsb.

Sedangkan sholat tahajud sendiri dapat dikerjakan baik tidur dahulu ataupun tidak setelah waktu sholat isya sampai dengan datangnya waktu shubuh.



Berapa rakaat? Tidak terbatas, namun yang lebih diutamakan adalah justru konsisten.

Kapan waktu yang paling utama? Ketika manusia tengah tertidur lelap yaitu 1/3 malam terakhir.


Bagaimanakah caranya kita bisa melakukan sholat tahajud ?
1.Niat. Niatkan sebelum tidur bahwa kita akan bangun tengah malam untuk sholat tahajud. “ Bangunkan aku Ya Allah dari tidur lelapku untuk melaksanakan sholat tahajud”

Hadist : “Bila datang ke tempat tidur dengan niat akan sholat tahajud pada malam harinya maka akan dicatatlah niat tersebut sebagai amal dan tidurnya sebagai sedekah”

2.Apabila telah bangun tngah malam, disunnahkan untuk bersiwak dan embaca doa bangun dari tidur.

3.Mulailah dengan 2 rakaat singkat sebagai pembuka, sebagai mana dicontohkan oleh Rasulullah.

4.Memanjangkan waktu berdiri pada sholat tahajud dengan maksud memanjangkan bacaan surat-surat pada sholat tahajud.

5.Apabila kamu mengantuk pada saat sholat maka tidurlah dulu untuk kemudian bangun lagi meneruskan sholat tahajud tapi tentunya wudhu kembali.

6.Dianjurkan bagi suami yang sudah bangun lebih dahulu untuk sholat tahajud agar membangunkan istrinya mengajak sholat tahajud, dan sebaliknya. Jika kedua-duanya melaksanakan sholat tahajud, maka akan dicatat sebagai hamba yang selalu ingat kepada Allah SWT.

7.Menetapkan rakaat yang mampu dilaksanan secara konsisten.

HR Bukhari Muslim

“Amalan apakah yang paling disukai Allah SWT Ya Rasul?” Rasulullah menjawab “Yaitu amalan yang bisa dikerjakan secara rutin walau sedikit”

8.Memperbanyak doa dan istighfar pada pertengahan malam khususnya 1/3 malam terakhir. Karena pada waktu itulah Allah akan menurunkan rahmat, ampunan, dan doa akan dikabulkan.



Fadhilah Sholat Tahajud

1.Memperoleh pahala yang paling utama setelah sholat fardhu

2.Menjadi hamba yang paling dekat kepada Allah

3.Menjadi oaring yang dicintai Allah

4.Meraih tempat terpuji

5.Menerima segala pemberian Allah di akhirat kelak

6.Memperoleh kesenangan di surga

7.Dilebihkan kedudukannya di depan orang kafir



Tips

Semangat ber-Tahajud

1.Tidur lebih awal alias tidak perlu begadang, badha Isya langsung tidur

2.Tidak makan apalagi banyak tepat sebelum tidur

3.Latihan dengan pertama bangun 5/10 menit sebelum shubuh, kemudian menambah 15 menit sebelum shubuh. InsyaAllah lama-lama bisa bangun jam 3 pagi atau jam 2 pagi untuk tahajud

4.Meniru kebiasaan pasangan hidup, orang tua atau saudara yg sudah lebih dulu rajin tahajud. Mereka saja bisa, kenapa kita tidak.

5.Bila ada pekerjaan lembur atau harus dikerjakan malam hari, sempatkan untuk tahajud terlebih dahulu. Atau bagi ibu rumah tangga yg ingin pagi hari pekerjaan sudah beres bisa dimulai lebih awal dengan sholat tahajud.

6.Berdoa terus agar kita dijaga niat dan tetap semangat untuk sholat tahajud

7.Ingat pesan-pesan orang tua bahwa tahajud memang banyak hikmah dan faedahnya diantaranya apabila telah rutin melaksanakan sholat tahajud badan terasa lebih enteng dan segar di pagi harinya.

8.Kalau tertinggal sholat malam, gantilah dengan amalan lain seperti menambah sedekah, memperbanyak tilawah, memperbanyak rakaat sholat dhuha, dsb

9.Sebelum tidur, sholatlah dulu apabila kira-kira kita terlalu lelah untuk bangun malam, kalau malamnya bangun lagi alhamdulillah bisa sholat lagi.



Selamat ber-Tahajud…Semoga kita bisa menjadi kekasih Allah SWT..Amien..


SUMBER:1001KISAHTELADAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar