Minggu, 22 Agustus 2010

Pahala Menjenguk Orang Sakit


                                          
 
Buat Teman-teman yang hingga saat ini masih merasa malas/enggan untuk menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit, disini saya tuliskan beberapa pahala bagi hambaNya yang suka menjenguk orang sakit. Mudah-mudahan bermanfaat untuk meraih kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.
1.Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda,” Pada hari kiamat nanti, Allah berkata,”Anak Adam, Aku pernah sakit dan kamu tidak membesuk-Ku,” Mereka menjawab, “ Ya Allah, bagaimanan saya dapat membesuk-Mu sedangkan Engkau adalah Tuhan alam semesta.” Allah berkata,” Apakah kamu tidak tahu bahwa hamba-Ku Fulan jatuh sakit dan kamu tidak membesuknya. Tidakkah kamu tahu, jika kamu membesuknya kamu pasti menemukan-Ku disisinya (HR.Muslim)

2.Mu’ad bin Jabal Meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda,” Ada lima perkara, orang yang mengamalkannya salah satunya, dia pasti berada dalam jaminan Allah, yaitu, membesuk orang sakit, mengantar jenazah, berjihad dijalan Allah, mendatangi pemimpin untuk member saran-saran yang positif atau hanya duduk dirumah, namun tidak mengganggu atau diganngu orang lain”( HR Ahmad)
3.Abu Sa’id al Khudri meriwayatkan, Rasullullah Saw bersabda “ Besuklah orang sakit dan antarkanlah jenazah, itu dapat mengingatkan kalian kepada akhirat ( HR Ahmad).
4.Abu Hurairah dan Abdullah bin Umar meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda “ Allah pasti melindungi orang yang rajin membantu muslim lain dengan tujuh puluh lima ribu malaikat yang selalu mendoakannya. Selain itu, dia juga dicurahi rahmat hingga tugasnya selesai. Setelah selesai, Allah pasti akan mencatat untuknya pahala haji dan umrah. Allah juga akan menaungi orang yang membesuk orang sakit dengan tujuh puluh lima ribu malaikat. Setiap langkahnya dicatat satu satu kebaikan, dihapus satu kesalahan, dan derajatnya diangkat hingga dia duduk kembali. Ketika dia duduk, rahmat Allah senantiasa meliputinya. Semua itu terus terjadi hingga dia kembali ke rumahnya (HR. ath-Thabrani).
5.Tsauban meriwayatkan, Rasulullah Saw bersabda.”Ketika seseorang membesuk saudaranya semuslim, dia berada dalam Khurfah surga hingga dia kembali.” (HR.Muslim).
6.Rasulullah shallAllahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya: “Apabila seorang laki-laki menjenguk saudara muslimnya (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Sorga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR: At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)
Nah, begitu besar kan faedahnya, maka ayo berlomba-lomba menjenguk saudara kita yang sakit, jangan enggan untuk melakukannya. Renungkan aja, bagaimana kalau kita sendiri yang sakit, dan tiada yang membesuknya, gimana perasaan kita…Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar